Senin, 20 September 2010

ISTILAH-ISTILAH TEKNOLOGI INFORMASI

1. Jabber
Suatu kondisi ketika mengalami kegagalan untuk koneksi kembali dan koneksi tersebut tidak bisa dilanutkan, karena tidak ada sinyal dari jaringan tersebut.
Dalam IEEE 802.3, istilah tersebut digunakan untuk menyebutkan suatu paket data yang berukuran panjangnya melebihi yang telah digariskan dalam standar yang berlaku.

2. Jack
Juga disebut dengan blok untuk koneksi. Merupakan suatu perangkat yang memiliki bagian untuk konektifitas yang digunakan untuk kabel, coaxial, maupun fiber optik. Alat ini digunakan sebagai penghubung dan pemutus arus langsung dengan mencabut koneksinya.

3. Jack in
Plug kabel untuk mengkoneksikan arus listrik atau data melalui kabel.

4. Jacket
Pelindung. Dalam pengkabelan adalah bagian pembungkus luar pada bagian kabel tembaga maupun kabel fiber optik. Umumnya pelindung ini dubuat dari bahan PVC (Polyvinyl Chloride), Plenum (Polyvinylidene diflouride) dan ALPETH (Aluminum/Polythylene). Jackson development System

5. JaggiesEfek bergerigi yang terlihat bila suatu citra di perbesar dalam citra digital, terutama pada garis diagonal.

6. JammingGangguan yang mengakibatkan kemacetan pada saat penerimaan maupun pengiriman data. Penyebabnya di dalam penerimaan sinyal data biasanya adalah karena interferensi atau gangguan dari sinyal yang mempunyai frekuensi yang sama atau hampir sama. Akibatnya adalah kesulitan bagi sistem untuk mengetahui data yang kabur. Jika kita ambil contoh pada radio frekuensi, biasanya akan tertangkap dua radio yang masuk pada satu gelombang, karena terjadi frekuensi yang bias.

7. Japan Unix Networksebuah jaringan yang non komersial terbesar diseluruh Jepang yang dirancang untuk meningkatkan komunikasi diantara para peneliti Jepang dan dari negara lainnya.

8. JASIPAKTAJaringan nasional dengan teknologi paket radio yang diberi nama JASIPAKTA, dibangun oleh Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN). Jaringan ini merupakan jaringan IP kelas B yang pertama di Indonesia. Pada waktu itu para pengguna radio amatir telah mulai menggunakan komputer untuk komunikasi internasional.

9. javaava merupakan sebuah bahasa pemrograman yang mulanya dikembangan oleh perusahaan Sun Microsystems. Menurut penjelasan dari Sun (The Java Language), bahasa Java digambarkan sebagai:
Java: A simple, object-oriented, distributed, interpreted, robust, secure, architecture neutral, portable, high-performance, multithreaded, dan dynamic language.
Bahasa Java merupakan bahasa yang interpreted, bukan compiled. Sebuah program dalam bahasa Java dirakit (compiled) menjadi sebuah berkas byte-code. Berkas byte-code inilah yang dijalankan (interpreted) oleh sebuah virtual machine, yang disebut Java Virtual Machine (JVM).

10. Java Database Connectifity
Merupakan suatu API (Application Programming Interface) yang memungkinkan Java mengeksekusi perintah SQL (Structured Query Language). Dengan adanya teknologi ini, memungkinkan program Java untuk berinteraksi dengan berbagai database yang tunduk dengan aturan SQL. Hampir semua Relational Database Management System (DBMS) mendukung SQL, dan Java mampu dijalankan pada kebanyakan platform, sehingga JDBC merupakan suatu pintu untuk bisa menjalankan aplikasi yang mengeksekusi database meskipun terdiri dari berbagai platform dan berinteraksi dengan DBMS yang berbeda. JDBC ini mirip dengan ODBC (Open Database Connectivity), tetapi dirancang khusus untuk program Java, sedangkan ODBC bersifat independen terhadap bahasa pemrograman. JDBC ini dibangun pertama kali oleh JavaSoft, yang merupakan bagian dari Sun Microsystem

11. Java Electronic Commerce Framework
Sebuah kerangka kerja yang aman dan dapat dikembangkan lebih lanjut untuk menjalankan bisnis di Internet.

12.Job control language
Disingkat dengan JCL. merupakan bagian dari sistem operasi yang berfungsi mengidentifikasi, menjalankan, dan mengendalikan program-program komputer dan data file.

13.java scrip
Merupakan sosok pemrograman modern, yaitu bahasa pemrograman berorientasi script (object-oriented scripting language), yang berbasis kepada kosep prototype. Bahasa ini banyak dikenal di dalam lingkungan website. Bahasa ini diperkenalkan pertama kali oleh Brendan Eich dari perusahaan Netscape Corporation dengan nama awal Mocha kemudian berubah menjadi LiveScript namun diganti akhirnya menjadi JavaScript}.

14. Java Telephony Application Programming InterfaceSebuah model kendali panggilan yang dikembangkan oleh Sun Microsystems.

15. Jackson development System
Sistem pengembangan Jackson pertama kali dikemukakan oleh MA Jackson yang digunakan untuk menjelaskan analisis domain informasi dan hubungannya dengan program dan perancangan sistem. Fokus yang utama dari metode ini adalah real word (dunia nyata) dari domain informasi. Langkah-langkah yang digunakan dalam penyusunan adalah : (1) entity action step, (2) entity structur step, (3) initial model step, (4) function step, (5) system timing step, dan (6) implementation step. Silakan lihat masing-masing istilah.

16. Java Applet
Sebuah program Java yang didownload dari server dan dijalanan melalui program browser. Java Virtual achine dibundle di dalam browser dan memberikan instruksinya.


17. Junk e-mail
E-mail sampah yang biasanya berisi promosi.

18. Junk mail
Email yang tidak terlalu berarti bagi penerimanya.

20. Juno
Sebutan bagi Juno Online Service (www.juno.com) Sebuah email service yang didukung oleh sebuah media iklan yang menyediakan alamat email.

21. Justification
Perataan, dari gaya paragraph atau dokumen.

22. Justify
Rata kanan dan kiri.

23. JUNCTION
titik dalam jaringan telekomunikasi yang terdiri atas koneksi silang kantor atau fasilitas switching, dan perangkat keras ADM, sebuah titik konektivitas dimana banyak jalur serat optik melewati bersama-sama, dan sumber tujuan dari suatu jalur komunikasi wavelength.

24. Joint Test Actions Group
Sebuah standar IEEE untuk teknologi scan boundary.

25.Joule
Satuan dari energi, penggabungan dari daya dan waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar